Muslim, Yeni (2011) Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Cerita dengan Permainan Sequencing Pictures di TK ANNITA II Lubuk Buaya-Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YENI_MUSLIM_51042_2011.pdf [thumbnail of final_B1_YENI_MUSLIM_51042_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YENI_MUSLIM_51042_2011.pdf
Download (321kB)
Abstract
Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan bahasa anak yang seharusnya tidak luput dari perhatian guru, dimana anak diharapkan dapat menguasai komponen-komponen bahasa seperti: menyimak, berbicara, membaca. Berdasarkan komponen-komponen bahasa yang ada salah satunya adalah berbicara, dengan menggunakan teknik bercerita. Adapun permasalahan yang muncul bagi anak adalah: anak kurang percaya diri untuk tampil didepan kelas, media yang kurang menarik bagi anak, kurangnya perbendaharaan kata anak pada saat bercerita. Yang menjadi permasalahan bagi guru dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam bercerita dengan gambar yang disediakan supaya anak berminat terhadap kegiatan bercerita adalah: guru harus menguasai teknik bercerita, menggunakan intonasi suara, ekspresi wajah dan media yang menarik bagi anak. Tujuan dari penelitian ini agar adanya peningkatan terhadap perkembangan bahasa anak, khususnya dalam bercerita dengan gambar yang disediakan. Metodologi penelitian yang peneliti lakukan adalah metode campuran (mixing method) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode khusus melalui tanya jawab, bercakap- cakap, pemberian tugas, bercerita. subjek penelitian Kelompok B.I di TK Annita II lubuk buaya, kecamatan Koto Tangah dengan jumlah murid 15 orang yang terdiri dari 7 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, hasil penelitian di siklus I terhadap perkembangan bahasa anak sebelum tindakan masih terlihat rendah, dengan persentase 10,2%. Setelah melakukan tindakan pada siklus I mendapatkan hasil 42,7%, dan meningkat pada siklus II dengan hasil 97,3% sehingga tujuan dari kegiatan bercerita dengan menggunakan permainan sequencing pictures di TK Annita II dapat tercapai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI, PERMAINAN SEQUENCING PICTURES |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26911 |