Norani, Norani (2011) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan pendekatan Problem Solving di kelas V SDN 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NORANI_90238_4635_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NORANI_90238_4635_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NORANI_90238_4635_2011.pdf
Download (579kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran IPA di Kelas V yangbelum sesuai dengan harapan. Maka dilakukan penelitian untuk meningkatkanpembelajaran serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasilbelajar IPA dengan pendekatan problem solving SD Negeri 04 Kampung OloKecamatan Nanggalo Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karenapendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptifberupa kata-kata tertulis ataupun lisan, sedangkan pendekatan kuantitatifdigunakan karena peneliti perlu untuk pengolahan data. Penelitian ini terdiri dari 2siklus dengan tahap-tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Sumber penelitian yaitu catatan lapangan, lembar observasi. Subjekpenelitian adalah guru dan siswa di kelas V SD Negeri 04 Kampung OloKecamatan Nanggalo kota Padang.Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada hasil belajar IPA siswakelas V SD Negeri 04 Kampung Olo Kecamatan Nanggalo. Peningkatan dapatdilihat pada siklus I. Hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 73 (kurang) meningkatmenjadi 91 (sangat baik) pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa penggunaan pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 04 Kampung OloKecamatan Nanggalo.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL PEMBELAJARAN IPA, PENDEKATAN PROBLEM SOLVING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 04:36 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 04:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26886 |