Suprianti, Nora (2011) Pengaruh Penggunaan Strategi Active Learning Tipe Learning Start With a Question terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NORA_SUPRIANTI_78929_525_2011.pdf
Download (226kB)
Abstract
Mata Pelajaran TIK merupakan salah satu mata pelajaran yang pentingdipelajari siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalammemahami dan menggunakan teknologi untuk dimanfaatkan dalam mengikuti prosesbelajar mengajar di sekolah, sehingga selepas dari jenjang pendidikan yangditempuhnya ada nilai tambah yang dimiliki. Namun masalah yang ditemui adalahkurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran karena siswa tidak termotivasiuntuk mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatupenelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan strategiActive Learning tipe Learning Start With a Question dengan hasil belajar siswa yangtidak menggunakan strategi Active Learning tipe Learning Start With a Question diSMPN 20 Padang.Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen yangbertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakanpembelajaran dengan strategi Active Learning Tipe Learning Start With a Question dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 20 Padang yang berjumlah 311 orangyang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling,yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dan VII6 sebagai kelas kontrol masingmasing berjumlah 39 orang siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah teshasil belajar siswa sebanyak 40 soal objektif. Jenis data dalam penelitian ini adalahdata hasil belajar siswa yaang diperoleh dari hasil tes akhir setelah penelitian dansumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji t (t-test).Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen (79,87)lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol (72,43. Sedangkandari uji t-tes diperoleh t hitung (2,73) lebih besar dari t tabel (2,00) pada taraf signifikan α0,05 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasilbelajar antara kelompok eksperimen yang belajar dengan menggunakan strategi ActiveLearning tipe Learning Start With a Question dibandingkan dengan kelompok kontrolyang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP N 20 Padang.Dengan demikian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan strategi ActiveLearning tipe Learning Start With a Question memberikan pengaruh dalammeningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | STRATEGI ACTIVE LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:11 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 03:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26884 |
