Dewi, Nora Putri (2011) Pengaruh Penggunaan Model Aaive Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Sosiologi Kelas X di SMAN 1 Padang Ganting Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NORA_PUTRI_DEWI_79544_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NORA_PUTRI_DEWI_79544_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NORA_PUTRI_DEWI_79544_2011.pdf
Download (750kB)
Abstract
Hasil belajar sosiologi di SMAN 1 Padang Ganting, Kabupaten TanahDatar, belum memuaskan, siswa belum mampu membangun dan mengembangkanpengetahuan terhadap materi yang dipelajarinya sehingga siswa sedikit yangmampu memberi contoh dari materi dengan fenomena yang ada di sekitarnya.Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti mencoba menggunakan modelpembelajaran Active Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Active Learning tipeTeams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar sosiologi kelas X diSMAN 1 Padang Ganting, Tanah Datar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen,dengan desain penelitian Pretest Postest Control Group Desain. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Padang Ganting, KabupatenTanah Datar. Sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling, kelaseksperimen adalah kelas X3 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas X1.Berdasarkan analisis data yang dilakukan bahwa uji t dilakukan untuk skortes dasar materi pengendalian sosial yaitu pengertian, ciri-ciri, fungsi, bentuk,sebab dan cara pengendalian sosial. Pada konsep dasar pengertian diperoleh thitung2,82 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar ciri-ciri diperoleh thitung 2,54 dan ttabel 2,00pada konsep dasar fungsi diperoleh thitung 3,58 dan ttabel 2,00 pada konsep dasarbentuk diperoleh thitung 4,84 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar sebab diperoleh thitung6,42 dan ttabel 2,00 pada konsep dasar cara diperoleh thitung 3,24 dan ttabel 2,00berarti model pembelajaran TGT cocok digunakan pada konsep dasar materi.Hasil pengujian hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasilbelajar sosiologi antara proses pembelajaran menggunakan model pembelajaranTGT dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan TGT yaitu sebesar20,39 untuk kelas eksperimen dan 17,07 untuk kelas kontrol. Pengolahan data tesdilakukan dengan menggunakan uji t sebesar 2,12 thitung > ttabel 2,00 Hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapatmeningkatkan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep sosiologi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL ACTIVE LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 03:11 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26883 |