Marliza, Yeni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Co-op Co-op Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Aripan Kecamatan X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YENI_MARLIZA_09996_2011.pdf [thumbnail of final_B1_YENI_MARLIZA_09996_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YENI_MARLIZA_09996_2011.pdf
Download (212kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dari refleksi awal proses pembelajaran PKn bahwa hasil belajar siswa semester satu tahun ajaran 2010/2011 belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 67. Hal ini disebabkan karena guru guru kurang mampu memilih model pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi siswa. Berdasarkan kenyataan inilah penulis ingin memperbaiki pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe co-op co-op. Penggunaan model ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kerjasama antar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 30 Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, pada bulan April Sampai Mai semester II tahun pelajaran 2010/2011, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 18 orang, yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe co-op co-op ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif, siswa siklus I pertemuan satu ketuntasan yang diperoleh 22%, untuk ranah afektif 17 %, sedangkan untuk ranah psikomotor 22%, pertemuan kedua untuk ranah kognitif ketuntasan 44%, untuk ranah afektif ketuntasan 38%, sedangkan untuk ketuntasan aspek psikomotor 33%. Sedangkan pada siklus II penilai aspek kognitif ketuntasan 83 %, untuk ketuntasan ranah afektif 77%, sedangkan untuk penilaian ranah psikomotor ketuntasan 73%. Berdasarkan hasil belajara yang diperoleh siswa, maka hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke Siklus II meningkat. Dengan Menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe co-op co-op pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN PKn, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE CO-OP CO-OP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:23 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 02:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26878 |