Elfira, Nora (2012) Peningkatan Komunikasi Anak melalui Permainan Pantomim di TK Aisyiyah Pauh Sangik Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NORA_ELFIRA_52746_415_2012.pdf [thumbnail of final_B1_NORA_ELFIRA_52746_415_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NORA_ELFIRA_52746_415_2012.pdf
Download (335kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdilaksanakan di TK Aisyiyah Pauh Sangik Kecamatan Akabiluru KotaPayakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi anakmelalui permainan pantomim di TK Aisyiyah Pauh Sangik Kecamatan AkabiluruKota Payakumbuh agar anak dapat mengkomunikasikan gagasan,mengekspresikan diri, dan dapat menceritakan gerak ke bahasa lisan..Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah Pauh SangikKecamatan Akabiluru dengan jumlah 17 orang anak, terdiri dari 6 anak laki-lakidan 11 anak perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melaluiobservasi dan wawancara selama anak melakukan kegiatan pembelajaran tentangkomunikasi melalui permainan pantomim yang dianalisis dengan tehnikpersentase.Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatankomunikasi anak dari siklus I yang pada umumnya masih rendah. Setelahdilakukan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan.Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan mengalami peningkatandengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan pantomim dapatmeningkatkan komunikasi anak di TK Aisyiyah Pauh Sangik KecamatanAkabiluru.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASI ANAK, PERMAINAN PANTOMIM, ANAK USIA DINI |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 01:03 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26864 |