Hubungan Sikap Terhadap Sistem Pembayaran Uang Kuliah Online dengan Kepuasan Nasabah di Bank Nagari Cabang Pembantu Universitas Negeri Padang

Haq, Ruqaya Annisa Nurul (2011) Hubungan Sikap Terhadap Sistem Pembayaran Uang Kuliah Online dengan Kepuasan Nasabah di Bank Nagari Cabang Pembantu Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RUQAYA_ANNISA_NURUL_HAQ_72537_2011.pdf] Text
final_B1_RUQAYA_ANNISA_NURUL_HAQ_72537_2011.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di Bank Nagari Cabang
Pembantu Universitas Negeri Padang (Capem UNP) dimana mahasiswa
Universitas Negeri Padang (UNP) membayar uang kuliah dengan cara manual,
yaitu membayar ke loket pembayaran uang kuliah di Bank Nagari Capem UNP.
Disebabkan oleh jumlah mahasiswa UNP pada tahun 2007 mencapai ± 24.000
orang yang berasal dari 7 fakultas, maka diberlakukanlah sistem pembayaran uang
kuliah online di UNP dimana mahasiswa dapat membayar uang kuliah di seluruh
cabang Bank Nagari agar proses pembayaran uang kuliah lebih mudah. Cara
manual menyebabkan kondisi pembayaran uang kuliah menjadi tidak kondusif
karena menimbulkan suasana berdesakan dan terjadi antrian panjang sehingga
berpengaruh pada kepuasan mahasiswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk
meneliti tentang hubungan sikap terhadap sistem pembayaran uang kuliah online
dengan kepuasan nasabah.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan mendapatkan data
secara empiris hubungan antara sikap terhadap sistem pembayaran uang kuliah
online dengan kepuasan nasabah (mahasiswa) di Bank Nagari Cabang Pembantu
UNP. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNP yang berasal dari 7
fakultas . Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 36071 orang, dengan teknik
sampel yang digunakan teknik proporsional random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan skala sikap dan skala kepuasan nasabah. Teknik
analisis data menggunakan product moment correlation.
Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment dari
Pearson diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0.554, p = .000 (p < .01) artinya ada
hubungan positif yang signifikan antara sikap dengan kepuasan nasabah
(mahasiswa). Semakin positif sikap nasabah (mahasiswa) maka semakin tinggi
tingkat kepuasan nasabah (mahasiswa), sebaliknya semakin negatif sikap, maka
semakin rendah tingkat kepuasan nasabah (mahasiswa) yang dialaminya.
Besarnya sumbangan efektif sikap terhadap kepuasan nasabah (mahasiswa) yaitu
sebesar 31%. Oleh karena itu, masih terdapat faktor-faktor lain yang
mempengaruhi kepuasan nasabah selain sikap seperti kepentingan nasabah,
kualitas pelayanan dan faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:03
Last Modified: 14 Oct 2025 01:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item
View Item