Pengaruh Penerapan Model Guide Discovery Learning dan Teknik Stiker Ide terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Lubuk Basung.

Rahmi, Nopi Aulia (2011) Pengaruh Penerapan Model Guide Discovery Learning dan Teknik Stiker Ide terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOPI_AULIA_RAHMI_65094_2503-2011.pdf] Text
final_B1_NOPI_AULIA_RAHMI_65094_2503-2011.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasilbelajar antara siswa yang belajar menggunakan model Guide Discovery Learningdan Teknik Stiker Ide dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.Penelitian ini dilaksanakan pada pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakanrancangan penelitian teknik Post test only control group design . Populasipenelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Basung.Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Basung,dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XG SMA Negeri 2 Lubuk Basungsebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XJ SMA Negeri 2 Lubuk Basungsebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil tes formatif mengenai pokokbahasan “Permintaan, Penawaran dan Harga Keseimbangan”. Data dianalisisdengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yang terdiri dari ujinormalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen79.89 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 69.70, sedangkan z-testmenunjukkan bahwa zhit = 5.31 dan ztab = 1.96 pada α = 0,05 sehingga zhit > ztabartinya siswa yang diajar dengan guide discovery lerning dan teknik stiker idemempunyai hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajardengan motode konvensional. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang berartipenggunaan model teknik stiker ide pada Guide Discovery Learning dalampembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapembelajaran dengan menggunakan model teknik stiker ide pada Guide DiscoveryLearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL GUIDE DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR EKONOMI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:02
Last Modified: 14 Oct 2025 01:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26851

Actions (login required)

View Item
View Item