Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Karbon Monoksida pada Sepeda Motor Honda Kharisma X 125 Tahun 2006 Terhadap Penggunaan Busi Iridum

Fadri, Rusiagus (2011) Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Karbon Monoksida pada Sepeda Motor Honda Kharisma X 125 Tahun 2006 Terhadap Penggunaan Busi Iridum. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RUSIAGUS_FADRI_74216_4156_2011.pdf] Text
final_B1_RUSIAGUS_FADRI_74216_4156_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi transportasi serta jumlah kendaraan bermotor
dari tahun ke tahun semakin meningkat kususnya sepeda motor. Karena sepeda
motor menjadi kebutuhan penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Adapun
dampak negatif dari peningkatan penggunaan kendaraan bermotor yaitu masalah
keamanan, polusi, kemacetan, emisi, penggunaan energi, dan lainnya. Dampak
negatif pada lingkungan yaitu tingginya tingkat pencemaran di udara akibat emisi
hasil proses pembakaran bahan bakar. Emisi berupa partikulat (debu, timah
hitam) dan gas (CO2,CO, NO, SO, HC) dapat menyebabkan gangguan kesehatan
dan kerusakan pada lingkungan. Bermacam upaya dilakukan untuk menghasilkan
sepeda motor dengan performa mesin yang lebih baik , memiliki tenaga yang
besar, irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk
menghitung pengaruh konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang
karbon monoksida antara penggunaan busi standar dan busi iridium.
Penelitian dilakukan di workshop jurusan Otomotif Fakultas Teknik
Universitas Negeri Padang tanggal 10 mei 2011. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimental. Pengujian penelitian dilakukan pada
sepeda motor Honda Kharisma X 125 Tahun 2006 dalam berbagai putaran mesin,
yaitu 1400 rpm, 3000 rpm, 4500 rpm dan dengan perlakuan Busi Iridium. Busi
standar yang digunakan ND U20 E PR 9 dan Busi Iridium ND IU27. Data yang
diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian bahan bakar pada putaran
1400 rpm, 3000 rpm dan 4500 rpm terhadap penggunaan busi Iridium tidak
terdapat pengaruh yang signifikan. Dari uji statistik tidak terdapat pengaruh yang
signifikan terhadap penggunaan busi Iridium pada tiga variasi putaran mesin pada
taraf signifikasi 5%. Pengaruh kandungan emisi gas buang karbon monoksida
pada rata-rata tingkat putaran mesin adalah pada variasi putaran 3000 rpm dan
putaran 4500 rpm. Sedangkan pada putaran 1400 rpm tidak terdapat pengaruh
yang berarti.. Hal ini diakibatkan karena busi Iridium yang digunakan tidak cocok
dengan kondisi mesin serta tingkat panas busi ( heat range ) yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:01
Last Modified: 14 Oct 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26844

Actions (login required)

View Item
View Item