Andriani, Rusmalida (2011) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 11 Air Abu Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RUSMALIDA_ANDRIANI_88196_3655_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RUSMALIDA_ANDRIANI_88196_3655_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RUSMALIDA_ANDRIANI_88196_3655_2011.pdf
Download (344kB)
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan dilapangan bahwa dalam
pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 11 Air Abu Kecamatan Bonjol
Kabupaten Pasaman. Masih didominasi pandangan bahwa materi palajaran IPS
tersebut merupakan perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Guru dalam
menyampaikan materi pembelajaran lebih cendrung menggunakan metode
ceramah serta guru kurang melinatkan siswa untuk belajar mandiri sehingga
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS rendah. Penelitian ini bertujuan
untuk memperbaiki pembelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dengan merancang, melaksanakan dan melakukan penilaian
pembelajaran IPS menggunakan model Goup Investigation (GI).
Penelitian
ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas. Data berkaitan dengan ; 1) bentuk RPP, 2)
Pelaksanann pembelajaran, 3) Hasil belajar. Pembelajaran model GI merupakan
pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang
beranggotakan 4-6 orang siswa. Model pembelajaran ini melalui 6 tahap yaitu :
mengidentifikasi topik, mengorganisasikan dalam masing-masing kelompok
kerja, merencanakan investigasi dalam kelompok, melaksanakan investigasi
didalam kelompok, melaksanakan investigasi terhadap topik permasalahan,
mempersiapkan laporan akhir, meyajikan, laoran akhir, evaluasi. Penelitian ini
dilaksanakan di SD 11 Air Abu kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman pada
kelas IV dengan subjek penelitian sebanyak 25 orang siswa dan dibantu oleh
seorang observer.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model GI dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapata dilihat
dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu didapat nilai rata-rata
siswa adalah 6,04 dan 7,24 dan secara klasikal mencapai tingkat ketuntasan
72 %, meningkat pada siklus II menjadi 7,44 dan 8,28 dan secara klasikal siswa
telah mencapai tingkat ketuntasan 83%. Dengan demikian dari hasil penelitian
yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative
Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di kelas IV SDN 11 Air Abu kecamatan Bonjol Kabupaten
Pasaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:23 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26840 |