Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Kooperatif Teknik Murder Berbasis Consep Map dengan Model Pembelajaran Konvensioanal dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMK N 3 Padang

Oktavia, Yeni (2008) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Kooperatif Teknik Murder Berbasis Consep Map dengan Model Pembelajaran Konvensioanal dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMK N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YENI OKTAVIA 44767-03-08.pdf] Text
final_B1_YENI OKTAVIA 44767-03-08.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan kooperatif teknik Murder berbasis Concep Map dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester 2 SMK N 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK N 3 Padang sebanyak 235 orang,dengan sampel 80 orang dengan teknik pengambilan sample Purposive sampling. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dengan menggunakan uji Z. Kuisioner yang di gunakan adalah tes yang telah di uji cobakan untuk menguji validitas dan reliabilitas. Sebelum di gunakan untuk menguji hipotesis dilakukan pengujian homogenitas dan normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji Z di peroleh Zhitung = 2.76 dan Ztabel = 1.96 dimana Zhitung > Ztabel maka Ho ditolak (Ha diterima). Yaitu siswa yang diajar dengan menggunakan pembeljaran kooperatif teknik Murder berbasis Concep Map lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 78.80 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 73.40. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak sekolah serta para pendidik untuk mempergunakan pembelajaran kooperatif teknik Murder berbasis Concep Map dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. maka siswa akan lebih berminat termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran untuk belajar lebih giat dan mengulang pelajaran yang telah dipelajari, sehingga siswa menguasai semua materi pelajaran yang telah dipelajari yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MURDER BERBASIS CONCEP MAP, MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:23
Last Modified: 13 Oct 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26835

Actions (login required)

View Item
View Item