Devi, Sri (2011) Pelaksanaan Pengembangan Diri Tari di SMP N 9 Air Camar Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SRI_DEVI_64265_1332_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SRI_DEVI_64265_1332_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SRI_DEVI_64265_1332_2011.pdf
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengembangan diri tari di SMP N 9 Air Camar. Berkaitan dengan persiapan yang dilakukan guru untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pengembangan diri tari, dan cara guru dalam melakukan evaluasi terhadap tes penampilan yang dilakukan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif analisis. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dengan melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan dan didukung oleh kamera foto, alat tulis, dan alat rekaman, dan tes penampilan siswa dengan 3(tiga) indikator, yaitu wiraga, wirama, dan wirasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah study kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan pemotretan. Dalam pelaksanaan pengembangan diri tari di SMP N 9 Air Camar guru terlebih dahulu melakukan persiapan dengan menentukan materi yang akan diberikan kepada siswa, yaitu materi tari Payung kreasi yang akan dilaksanakan 1 kali dalam seminggu, pada hari Saptu jam III-IV ( 8.30-10.00 WIB). Jumlah peserta dalam kelas pengembangan diri tari ini adalah sebanyak 36 siswi yang berasal dari 3 tingkatan kelas (kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX). Dalam tahap persiapan guru tidak menggunakan RPP akan tetapi hanya berdasarkan inisiatif guru dan kemauan siswa dalam memilih materi yang akan diajarkan. Selanjutnya dalam tahap pelaksanaan guru memberikan materi dengan metode multimetoda dengan frekuensi 9 kali pertemuan dan menggunakan media Tipe Recorder. Pada tahap evaluasi guru menilai kemampuan siswa dilihat dari aspek wiraga(50), wirama(30), dan wirasa(20) dengan total keseluruhan nilai adalah 100. Penilaian evaluasi dalam pengembangan diri tari di SMP N 9 Air Camar dilakukan guru dalam bentuk huruf A(sangat baik), B(baik), C(cukup) atau D(kurang). Dan berdasarkan hasil penelitian yang di awali dengan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pengembangan diri tari di SMP N 9 Air camar kota Padang berjalan dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan diri, tari Payung, evaluasi pembelajaran |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:19 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 01:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26808 |