Penerapan Metode Talking Chips Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII B SMP Negeri 1 X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Dona, Sri Amelia (2011) Penerapan Metode Talking Chips Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII B SMP Negeri 1 X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_AMELIA_DONA_73758_813_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_AMELIA_DONA_73758_813_2011.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS Terpadu dengan diterapkannya metode talking chips di kelas VIIB SMP Negeri 1 X Koto Singkarak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan hipotesis tindakannya adalah penerapan metode talking chips dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 X Koto Singkarak. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 X Koto Singkarak Jl. Tanah Lapang Singkarak- Kabupaten Solok dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi yang digunakan untuk melihat perubahan partisipasi siswa dan tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk melihat perubahan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I dan II. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II. Secara keseluruhan rata-rata partisipasi siswa pada siklus I adalah 36,55% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 69,44%. Dengan meningkatnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran ini dapat memicu peningkatan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 47,62% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71%, begitupun dengan rata-rata nilai meningkat dari 67,14 pada siklus I menjadi 80,95 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking chips dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII B SMP N 1 X Koto Singkarak. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar. Agar partisipasi dan hasil belajar siswa meningkat maka penulis menyarankan kepada guru IPS Terpadu kelas VII B untuk menerapkan metode pembelajaran talking chips ini dalam mata pelajaran IPS Terpadu dengan standar kompetensi memahami usaha manusia memenuhi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode talking chips, partisipasi siswa, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:26
Last Modified: 10 Oct 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item
View Item