Ruwaida, Ruwaida (2011) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Mneggambar Dekoratif Motif Hias dalam Penbelajaran Seni Rupa bagi Kelas V Sekolah Dasar 13 Simpang Haru Kecamatan Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RUWAIDA_90356_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RUWAIDA_90356_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RUWAIDA_90356_2011.pdf
Download (156kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah dalam pembelajaran Seni
Rupa terutama menggambar lebih cenderung menggunakan pendekatan
konvensional, siswa kurang berkreasi karena kebanyakan siswa hanya menerima
perintah dari guru, akhirnya pembelajaran menggambar tidak bermakna bagi
siswa, sehingga gambar yang dihasilkan tidak memuaskan. Untuk mengatasi
permasalahan itu, maka pendekatan konstruktivis adalah salah satu pendekatan
yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menggambar dekoratif motif hias bagi
siswa kelas V Sekolah Dasar 13 Simpang Haru Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Resaarch), penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan
dengan 2 siklus secara kolaboratif antar penulis dan observer. Data penelitian
berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil
pengematan dan catatan setiap tindakan dalam pembelajaran menggambar
dekoratif motif hias dengan menerapkan pendekatan kontruktivis. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar 13 Simpang Haru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivis dapat
meningkatkan kemampuan menggambar dekoratif motif hias siswa kelas V
Sekolah Dasar 13 Simpang Haru. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siklus I
Pertemuan I adalah 67 % dan siklus I pertemuan II dengan ketuntasan 73 % dan
siklus II dengan ketuntasan belajar 93 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan kemampuan menggambar dekoratif
motif hias dalam pembelajaran Seni Rupa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:19 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26764 |