Penggunaan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 08 Parak Gadang Kec.Padang Timur.

Mayasril, Nofri (2011) Penggunaan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 08 Parak Gadang Kec.Padang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOFRI_MAYASRIL_07466_2011.pdf] Text
final_B1_NOFRI_MAYASRIL_07466_2011.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan dan pengamatan bahwa gurukurang mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran ilmu pengetahuanalam yang tepat. Hal ini berdampak kepada hasil belajar. Untuk mengatasi hal ituadalah dengan penggunaan pendekatan problem solving. Penggunaan model inibertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan menjadikan pembelajaran lebihmenarik serta meningkatkan rasa kebersamaan diantara siswa, karena salah satutujuan dari pendekatan problem solving adalah meningkatkan kinerja sertakemampuan siswa untuk bekerjasama dan berkolaborasi.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober semester I tahun ajaran2010/2011 di SD Negeri 08 Parak Gadang Kecamatan Padang Timur, dengansubjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 25 orang, yang terdiri darisiswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan adalah 9 orang. Jenis penelitianyang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan pendekatan problem solving dapat meningkatkan pembelajaran. Halini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana darisiklus I ketutasan yang diperoleh 60%,hasil dari aspek kognitif 52%,afektif51%,psikomotor 49%. Siklus I pertemuan II dengan hasil ketuntasan denganpersentase 67,5%hasil dari aspek kognitif 66%,afektif 58%,psikomotor 57%. Padasiklus ke II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase77,5%,hasil dari aspek kognitif 76%,afektif71%,psikomotor73%. Berdasarkandata tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inidari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:14
Last Modified: 10 Oct 2025 01:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item
View Item