Helmia, Tri (2008) Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Diberi Embedded Test Dengan Tanpa Diberi Embedded Test dan Motivasi Serta Jam Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Kartika I-5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TRI HELMIA 44737-03-08.pdf [thumbnail of final_B1_TRI HELMIA 44737-03-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TRI HELMIA 44737-03-08.pdf
Download (222kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar.1) antara pembelajarannya diberi embedded test dengan tanpa diberi embedded test. 2) antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada mata pelajaran Ekonomi.3) antara siswa yang memiliki jam belajar pada mata pelajaran Ekonomi.4) Interaksi antara pemberian embedded test dan motivasi serta jam belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Kartika I-5 Padang, pada pokok bahasan Permasalahan Ekonomi Mikro dan Makro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Kelas sampel dipilih dengan teknik random sampling dari total populasi sehingga diperoleh dua kelas sampel yang relatif homogen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yang pembelajarannya diberi embedded test sedangkan kelas kontrol yang pembelajarannya tanpa diberi embedded test. Data hasil hasil penelitian diperoleh dari post test yang diberikan kepada kedua kelas sample. Data tersebut diolah untuk menjawab hipotesis yang diajukan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yang terdiri atas uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berbeda nyata (1) hasil belajar siswa yang pembelajarannya diberi embedded test dengan siswa yang pembelajarannya tanpa diberi embedded test, dalam hal ini diperoleh sig.0,001 < α 0,05.(2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki motivasi tinggi sama saja dengan siswa yang memiliki motivasi rendah (sig. 0,519 > α 0,05).(3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki jam belajar sama saja (sig.0,971 > α 0,05).(4) Serta tidak terdapat interaksi antara : pemberian embedded test dan motivasi belajar (sig. 0.306 > α 0,05), pemberian embedded test dan jam belajar (sig. 0 > α 0,05), motivasi dan jam belajar (sig. 0.661 > α 0,05), pemberian embedded test dan motivasi serta jam belajar terhadap hasil belajar siswa (sig. 0 > α 0,05). Penelitian ini masih terbatas pada materi kelas X semester genap, diharapkan ada penelitian lanjutan untuk materi lain dan ruang lingkup yang lebih luas serta tampilan yang lebih baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Antara Pembelajaran Diberi Embedded Test Dengan Tanpa Diberi Embedded Test |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26730 |