Martalena, Martalena (2011) Penerapan Kompetensi Pedagogik dalam Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARTALENA_79158_780_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MARTALENA_79158_780_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARTALENA_79158_780_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di Taman Kanak- kanak kurang berjalan dengan semestinya. Proses belajar mengajar tidak menggunakan media yang bervariasi, rencana pembelajaran tidak sesuai dengan kegiatan pelaksanaan pembelajaran, proses pelaksanaan penilaian yang masih kurang semestinya dan tidak adanya pelaksanaan tindak lanjut dari penilaian hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan dan melakukan penilaian hasil belajar serta melakukan tindak lanjut hasil penilaian di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. pendekatan deskriptif adalah Penelitian yang bersifat deskriptif bertujuan, menggambarkan secara tepat sifat-sifat individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu, atau untuk menentukan frekuensi atau penyebaran suatu gejala atau frekuensi adanya hubungan tertentu antara suatu gejala dengan gejala lain dalam masyarakat. Subjek penelitian ini adalah guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Kubung Kabupaten Solok jumlahnya 69 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purpose sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan instrument penelitian daftar pertanyaan menggunakan skala likert dengan kategori jawaban selalu (SL), sering (SR), kadang-kadang (KD), tidak pernah (TP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pembelajaran rendah, kompetensi melaksanakan pembelajaran masih rendah, kompetensi dalam menilai prestasi belajar juga rendah, dan kompetensi dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik juga masih rendah. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Kubung Kabupaten Solok masih belum mampu melaksanakan kompetensi pedagogik meliputi kemampuan menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar dan melaksanakan tindak lanjut dengan baik. Saran yang dikemukakan agar guru dapat menerapkan kompetensi pedagogik yang meliputi kemampuan menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar dan melaksanakan tindak lanjut dalam proses belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMPETENSI PEDAGOGIK, PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26720 |