Ulya, Widatul (2011) Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi Menggunakan Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answers (GQGA) Dengan Active Learning Tipe Advocation Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 7 dan SMK Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_WIDATUL_ULYA_77699_5786_2011.pdf
Download (704kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar antara siswa yang belajar dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe
Giving Question and Getting Answers (GQGA) dengan siswa yang belajar dengan
model pembelajaran aktif tipe Advocation Learning. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan pendekatan eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 dan
siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas
X DKV B sebagai kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran
aktif tipe Giving Question And Getting Answers (GQGA) dan siswa kelas X Musik 2
sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe
Advocation Learning. Data diperoleh dari hasil tes formatif mengenai pokok
bahasan “Permintaan dan Penawaran”. Data dianalisis dengan menggunakan
statistik deskriptif dan inferensial, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas
dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas Giving Question
And Getting Answers (GQGA) 76,89 lebih tinggi dari rata-rata kelas Advocation
Learning 67,33, sedangkan t-tes menunjukkan bahwa thitung 2,39 dan ttabel 2,03
pada α 0,05. Jadi thitung lebih besar dari ttabel berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran
aktif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA) dengan siswa yang
menggunakan pembelajaran aktif tipe Advocation Learning. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aktive
learning tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA) dan Advocation
Learning dapat meningkatan hasil belajar siswa. Dan pembelajaran aktif tipe
Giving Question and Getting Answers (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran aktif tipe Advocation
Learning. Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan
pembelajaran aktive learning tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA)
dan Advocation Learning, sebagai alternatif dalam proses pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:13 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 03:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26718 |
