Anggarina, Nofita (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Antara Kelas yang Menggunakan Active Learning Teknik Penilaian Instan dengan Kelas yang Menggunakan Pembelajaran Konvensional di Kelas VII SMPN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOFITA_ANGGARINA_65167_2010.pdf [thumbnail of final_B1_NOFITA_ANGGARINA_65167_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOFITA_ANGGARINA_65167_2010.pdf
Download (193kB)
Abstract
Pembelajaran Ekonomi yang berlangsung selama ini masih bersifatkonvensional, dimana siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses belajarmengajar. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa belum memuaskan.Permasalahan ini senada dengan yang terjadi pada siswa kelas VII di SMP Negeri8 Padang. Untuk mengatasinya, diperlukan suatu strategi belajar mengajar yangdapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran agar dapat mengpotimalkan hasilbelajar siswa. Dalam hal ini penulis mencoba untuk menggunakan strategi activelearning. Strategi active learning memiliki beberapa teknik pembelajaran, penulistertarik untuk menggunakan teknik penilaian instan, karena dalam teknik ini siswadilibatkan secara aktif untuk menjawab pertanyaan dan memberikan pendapat dikelas, sehingga siswa dapat lebih memahami pelajaran yang nantinya akanmeningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yangdiberikan active learning teknik penilaian instan lebih baik dari pada hasil belajarsiswa yang diberikan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakanpada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII SMP Negeri 8 Padang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Kelas sampel dipilihdengan teknik purposive random sampling dengan melihat kesamaan nilai ratarata dari total populasi, sehingga diperoleh dua kelas sampel yang relatifhomogen. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar siswa.Sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal tes diuji cobakan, kemudian hasil ujicoba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soaltersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaan hasil belajar kedua kelas sampeldigunakan uji t.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata postest kelaseksperimen 83,96 dengan standar deviasi 7,22. Sedangkan kelas kontrol denganrata-rata 78,75 dan standar deviasi 5,94. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh t =2,71 dan t 1,88 (taraf kepercayaan 95%) berarti t > t berarti H ditolaksehingga H dapat diterima. Artinya, hasil belajar Ekonomi siswa pada kelas yangmenggunakan active learning teknik penilaian instan lebih baik dari pada hasilbelajar Ekonomi siswa pada kelas yang menggunakan pembelajarankonvensional.hittab = hit tab, 0aBerdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru Ekonomi agarmempertimbangkan untuk menggunakan active learning teknik penilaian instanini dalam proses belajar mengajar, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR EKONOMI, ACTIVE LEARNING, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 03:06 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26693 |