Werita, Werita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran IPA di Kelas VC SD Negeri 15 Ulu Gadut. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WERITA_09469_2945_2011.pdf [thumbnail of final_B1_WERITA_09469_2945_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WERITA_09469_2945_2011.pdf
Download (527kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di Kelas VC SD Negeri 15 Ulu Gadut
tidak maksimalnya hasil belajar siswa, karena guru mengajarkan IPA masih
dengan cara yang sama seperti berceramah dengan arti kata pembelajaran terfokus
pada guru dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran IPA dengan
menggunakan pendekatan Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA yang
meliputi(1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan
inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan.
Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3)
pengamatan, dan (4) refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) kegiatan refleksi
awal yang terdiri dari studi pendahuluan, serta penyusunan rancangan, (2)
kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan,
tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3) kegiatan refleksi. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan
guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal
dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD terteliti
yang berjumlah 33 orang. Setelah data terkumpul data disesuaikan dengan teknik
kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
Pendekatan Ikuiri ini dapat meningkatkan proses belajar IPA, ini dapat terlihat
dalam proses pembelajaran siswa sudah aktif, siswa bisa menyelesaikan
permasalahan yang diberikan dengan berdiskusi, hasil belajar siswa juga dapat
meningkat, hal ini dapat terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir
tindakan. Hasil penelitian siklus I rata-rata nilai siswa 73 sedangkan tes akhir
siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85. Hasil pengamatan terlihat
peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan
pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada
pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26674 |