Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Nur,, Sain’ (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SAIN,NUR_90715_2011.pdf] Text
final_B1_SAIN,NUR_90715_2011.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah
utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN 05
Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dalam pembelajaran IPS
masih dibawah KKM yang ditetapkan. Nilai yang diperoleh 5,7 sedangkan KKM
yang harus dicapai adalah 7. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang
diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan penggunakan metode
ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif dan siswa tidak aktif dalam
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan
informasi tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model problem based
learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang meliputi, (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan
(3) hasil belajar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian siklus I pertemuan I, nilai rata-rata siswa 6,0 dan tes pada
pertemuan II nilai rata-rata siswa mencapai 6,5. Sedangkan pada siklus II
pertemuan I, nilai rata-rata siswa 7 dan tes pada pertemuan II nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 7,5. Berdasarkan hasil dan temuan peneliti, disarankan kepada
guru kelas V SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan dalam
pembelajaran Menghargai
jasa
dan peranan tokoh-tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan menggunakan model problem based learning.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:04
Last Modified: 10 Oct 2025 01:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26655

Actions (login required)

View Item
View Item