Ferina, Rinelda (2011) Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui Permainan Stempel Jari Tangan di TK Perwari II Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RINELDA_FERINA_10109_4050_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RINELDA_FERINA_10109_4050_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RINELDA_FERINA_10109_4050_2011.pdf
Download (267kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak ditemui anak TK yang mempunyai motorik halus yang masih rendah. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan motorik halus anak yaitu melalui permainan stempel jari
tangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan motorik halus melalui permainan stempel menggunakan jari tangan pada anak di TK
Perwari II Padang. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
anak TK Perwari II Padang yang berjumlah 14 orang anak pada tahun ajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing silklus 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pencatatan lapangan,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan motorik halus peningkatan motorik halus anak dalam melalui permainan setempel jari tangan
diperoleh pada siklus I sebesar 49.1%, pada siklus II meningkat menjadi 76.5%. Artinya pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 27.4%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II sudah mengalami
peningkatan yang cukup berarti, hal ini membuktikan bahwa permainan stempel jari tangan terbukti dapat meningkatkan motorik halus anak TK Perwari II Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26645 |