Meldina, Tika (2010) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal dengan Pembelajaran Konvensional pada Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 21 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TIKA_MELDINA_65113_2010.pdf [thumbnail of final_B1_TIKA_MELDINA_65113_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TIKA_MELDINA_65113_2010.pdf
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dengan siswa yang belajar dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP N 21 Kota Padang. Penelitian ini tergolong kepada penelitian eksperimen. Kelas sampel dipilih dengan teknik purpose sampling berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E C sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen berjumlah 36 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 37 orang siswa. Data primer penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar ekonomi siswa. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal tes diuji cobakan, kemudian hasil uji coba dianalisis validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 80,44 dengan standar deviasi 9,93. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata posttest diperoleh dengan nilai 68,32 dan standar deviasi 8,66. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Z hit 5,56 dan Ztabel 1,96 berarti Zhit > Ztab sehingga Ha diterima dan H ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dalam hal ini perbedaan tersebut diyakini sebagai pengaruh yang diberikan pada kelas eksperimen (VIII ) berupa proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. E Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, disarankan kepada guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam Dan Soal Dengan Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 00:59 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 01:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26633 |