Firdaus, Tifani Ratu (2011) Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan pada Bank Mandiri Cabang Sudirman Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_TIFANI_RATU_FIRDAUS_88796_5321_2011.pdf [thumbnail of final_B1_TIFANI_RATU_FIRDAUS_88796_5321_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_TIFANI_RATU_FIRDAUS_88796_5321_2011.pdf
Download (481kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, kepuasan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Mandiri cabang Sudirman Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa atau kejadian-kejadian variabel penelitian juga untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Pengaruh dimensi-dimensi dari CRM sebagai variabel bebas terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Mandiri sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan Bank Mandiri cabang Sudirman Kota Padang. Pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kepercayaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Mandiri cabang Sudirman Kota Padang dengan tingkat signifikan variabel 0,000 < 0,05. 2) Kepuasan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Mandiri cabang Sudirman Kota Padang dengan tingkat signifikan variabel 0,005 < 0,05 3) Komitmen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Mandiri cabang Sudirman Kota Padang dengan tingkat signifikan variabel 0,018 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan agar pimpinan Bank Mandiri berusaha meningkatkan kepercayaan dari nasabah yaitu dengan meningkatkan kompetensi dan memperhatikan kualitas individu dari seluruh karyawan bank, sehingga nasabah akan merasakan kepercayaan yang cukup besar kepada Bank Mandiri karena mempunyai karyawan yang kompeten dan handal. Berusaha untuk meningkatkan kepuasan nasabah dengan lebih memperhatikan tingkat keamanan penjagaan oleh security bank, sehingga nasabah merasa aman untuk bertransaksi di Bank Mandiri tersebut. Dan selanjutnya pimpinan Bank Mandiri disarankan untuk lebih meningkatkan komitmen bank dalam hal memberikan pelatihan terbaik dan mempertahankan SDM produktif dan kompeten, sehingga nasabah akan merasakan layanan terbaik dari setiap interaksi nasabah dengan karyawan Bank Mandiri yang dirasa kompeten.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Nasabah Tabungan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 09:49 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 09:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26627 |