Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan dengan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV SDN 09 Malintang Kec. Salimpaung Kab. Tanah Datar

Salmiati, Salmiati (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan dengan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV SDN 09 Malintang Kec. Salimpaung Kab. Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SALMIATI_52183_1205_2011.pdf] Text
final_B1_SALMIATI_52183_1205_2011.pdf

Download (850kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada pengalaman penulis di kelas IV SDN
09Malintang Kec. Salimpaung Kab. Tanah Datar, bahwa dalam pembelajaran
penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada mata pelajaran Matematika
ditemukan beberapa temuan yaitu (1) guru dominan menggunakan metode
ceramah, (2) sering menyampaikan pelajaran secara klasikal, (3) kurang
membimbing siswa dalam belajar kelompok, (4) kurang memberikan motivasi
kepada siswa yang berprestasi, (5) kurang memberikan kesempatan siswa untuk
berintegrasi dengan sesama teman kelompoknya. Salah satu metode pembelajaran
yang penulis anggap mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian
tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan
refleksi. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui
pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Malintang Kec.
Salimpaung Kab. Tanah Datar, yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa
laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 10 orang
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifan
siswa dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan
metode kooperatif tipe STAD adalah 76% kemudian pada siklus II meningkat
menjadi berkualifikasi sangat baik 94%. Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada
siklus I adalah 76 dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kesimpulan yang
didapat dari penelitian ini bahwa penerapan strategi belajar kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan hasil belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
siswa di kelas IV SDN 09 Malintang Kec. Salimpaung Kab. Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:06
Last Modified: 09 Oct 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26619

Actions (login required)

View Item
View Item