Marnita, Marnita (2012) Pengembangan Kognitif Anak melalui Permainan Dadu Bergambar Binatang di Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an Alhidayah Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARNITA_50941_2012.pdf [thumbnail of final_B1_MARNITA_50941_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARNITA_50941_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Masalah di dilatarbelakangi oleh pengembangan kognitif anak masih rendah dan juga guru kurang kreatif dalam menciptakan permainan dalam proses pembelajaran anak di TK Al-Qur’an Alhidayah Kota Solok Tahun Pelajaran 2011/2012, apakah dengan menggunakan permainan dadu bergambar binatang ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak di TK Al-Qur’an Alhidayah Kota Solok dengan menggunakan permainan dadu bergambar binatang. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Al-Qur’an Alhidayah Kota Solok melalui penggunaan media dalam pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak, bagi sekolah dapat meningkatkan kualitas pekerjaan guru serta tercapainya kompetensi yang diharapkan dengan memperbanyak media atau alat peraga untuk bermain bagi anak. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sumber berhitung dan inspirasi untuk dapat menggabungkan penelitian di kemudian hari dengan menggunakan aspek yang berbeda. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menggunakan metode permainan (games) yang dalam hal ini permainan yang dipilih adalah permainan dadu bergambar binatang. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B5 TK Al-Qur’an Alhidayah Kota Solok tahun pelajaran 2011-2012 sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang anak perempuan dan 15 orang anak laki-laki. Data tentang kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi yang dianalisis dengan teknik persentase. Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, hasil penelitian dari siklus I menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak masih rendah. Maka dilanjutkan pada siklus II. Hasilnya terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak menjadi tinggi sehingga tujuan dari kegiatan permainan dadu bergambar binatang di TK Al-Qur’an Alhidayah Kota Solok sudah tercapai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan dadu bergambar binatang telah dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOGNITIF ANAK, PERMAINAN DADU BERGAMBAR BINATANG |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26615 |