Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat

Akbar, Teti Mardewi (2014) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TETI_MARDEWI_AKBAR_98440_1845_2014.pdf] Text
final_B1_TETI_MARDEWI_AKBAR_98440_1845_2014.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. (2) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. (3) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barta. Jenis penelitian adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, berjumlah sebanyak 682 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang pegawai. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuisioner. Data diolah secara deskriptif dan secara inferensial dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinanterhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, terlihat dari sig 0,003< α 0,05 atau t i hitung = 3.038> t = 1.663semakin efektif gaya kepemimpinan yang diterapkan pimpinan maka akan meningkatkan kinerja pegawai(2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat,terlihat dari sig 0,020< α 0,05 atau t hitung = 2.369> t = 1.663semakin tinggi motivasi kerja pegawai maka semakin tinggi pula kinerja pegawai, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja, terlihat dari sig. 0,000 < 0,05 atau t hitung = 4.116> t tabel tabel = 1.663 semakin efektif gaya kepemimpinan yang diterapkan pimpinan maka motivasi kerja pegawai akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pimpinan pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat untuk dapat mengefektifkan gaya kepemimpinan sesuai dengan kondisi yang ada, yaitu dengan cara menerapkan gaya kepemimpinan otoriter, demokratis dan laissez-faire. Gaya kepemimpinan otoriter adalah gaya kepemimpinan yang digunakan seorang pemimpin dalam mengambil suatu keputusan ditentukan sepihak oleh pimpinan dan tanpa mempertimbangkan pendapat dari bawahannya, gunanya adalah agar pegawai dapat terkontrol dengan baik dalam meyelesaikan pekerjaanya dan tidak seenaknya saja dalam bekerja. Gaya tabel kepemimpinan demokratis adalah gaya kepemimpinan yang digunakan seorangpemimpinan ketika ia mengambil suatu kebijaksanaan atau keputusan akan bermusyawarah terlebih dahulu dengan bawahannya, gunanya adalah agar pegawai merasa diperhatikan oleh pimpinannya dan memiliki dorongan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Sedangkan gaya kepemimpinan laissez-faireadalah gaya kepemimpinan yang digunakan seorang pemimpin dalam menentukan teknik-teknik pengerjaan tugas diserahkan sepenuhnya kepada bawahannya, gunanya agar pegawai dapat kreatif dalam menemukan suatu cara atau teknik dalam menyelesaikan pekerjaan dan tidak selalu tergantung oleh bantuan dari pimpinan. Apabila seorang pimpinan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dapat menerapkan ketiga gaya kepemimpinan tersebut maka pegawai akan termotivasi dalam bekerja sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai. Disarankan juga kepada pegawai untuk melaksanakan tugas secara optimal dan memanfaatkan waktu seefisien mungkin agar tujuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat tercapai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:56
Last Modified: 08 Oct 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item
View Item