Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Earnings Response Coefficient .

Fitriyana, Nisa (2011) Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Earnings Response Coefficient . Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NISA_FITRIYANA_80709_2011.pdf] Text
final_B1_NISA_FITRIYANA_80709_2011.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang:Pengaruh (1) Ukuran Perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient, (2)Struktur Modal terhadap Earnings Response Coefficient, (3) Ukuran Perusahaanterhadap Earnings Response Coefficient secara tidak langsung melalui StrukturModal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif yaitu penelitian yang bertujuanuntuk mengetahui seberapa jauh variabel eksogen mempengaruhi variabel endogen.Data merupakan data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id dan melaluiIndonesian Capital Market Directory. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaanmanufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2005-2009 sebanyak 136 perusahaan.Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampelsehingga diperoleh 35 perusahaan manufaktur. Data diolah dengan menggunakananalisis jalur.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan berpengaruhsignifikan negatif secara langsung terhadap Earnings Response Coefficient sehinggahipotesis 1 diterima (2) Struktur Modal tidak berpengaruh secara langsung terhadapEarnings Response Coefficient sehingga hipotesis 2 ditolak, (3) Struktur Modal tidakterbukti menjadi variabel intervening pada pengaruh Ukuran Perusahaan terhadapEarnings Response Coefficient sehingga hipotesis 3 ditolak.Saran dalam penelitian ini antara lain (1) investor hendaknyamempertimbangkan variabel lain dalam mengukur kandungan informasi laba yangdimiliki perusahaan ketika akan mengambil keputusan investasi (2) Bagi peneliti lainhendaknya menambah jumlah sampel penelitiannya dan menambah variabel lain yangmempengaruhi earnings response coefficient dalam penelitiannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:55
Last Modified: 08 Oct 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26598

Actions (login required)

View Item
View Item