Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak pada Seni Grafis melalui Permainan Stempel Geometri pada TK Model Padang Pariaman.

Rizola, Nini (2011) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak pada Seni Grafis melalui Permainan Stempel Geometri pada TK Model Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NINI_RIZOLA_88553_2363_2011.pdf] Text
final_B1_NINI_RIZOLA_88553_2363_2011.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di laksanakan dikelas B2 di TK Model Padang Pariaman, dalam kenyataan yang peneliti lihatbahwa kreativitas anak pada seni grafis masih rendah. Hal ini di sebabkan olehbeberapa faktor seperti ; a) pendekatan atau model pembelajaran kurangmenyenangkan bagi anak sehingga menimbulkan kebosanan, b) anak kurang aktifdalam kegiatan yang di berikan walau sudah di sediakan media yang memadai, c)anak tergatung pada contoh yang di berikan, d) pengaruh contoh sangat tinggi,terlihat dari hasil kerja anak, dan e) kreasi anak pada umumnya sangat kurang, halini terlihat kurangnya kreasi-kreasi untuk membuat yang lain dari contoh sertakurangnya kreativitas pada seni grafis untuk karya yang baru sesuai dengan yangdi harapakan.Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pembelajaran denganmodel bermain dengan stempel geometri dapat meningkatkan kreativitas anakpada seni grafis dalam berkreasi dengan menghasilkan karya seni yang tinggi dikelas B2 TK Model Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untukmembuktikan bagaimanakah cara dengan permainan stempel geometri dapatmeningkatkan kreativitas anak pada seni grafis di kelas B2 TK Model PadangPariaman.Berdasarkan hasil penelitian di peroleh rata-rata presentase kemampuankreativitas anak pada seni grafis melalui permainan stempel geometri anakkategori mampu sebelum tindakan adalah 16 %, pada siklus I rata-rata 45% danpada siklus II rata-rata 83,4%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuankreativitas anak pada seni grafis mengalami peningkatan dari sebelum tindakansampai di lakukan siklus II. Jadi dapat di simpulkan bahwa penggunaanpermainan stempel geometri dalam pembelajaran seni dapat meningkatkankreativitas anak pada seni grafis dalam berkreasi dengan menghasilkan karya seniyang tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS ANAK, SENI GRAFIS, PERMAINAN STEMPEL GEOMETRI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:50
Last Modified: 08 Oct 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26565

Actions (login required)

View Item
View Item