Sari, Marni Yulia (2008) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan metode problem solving Dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARNI YULIA SARI 81545-08.pdf [thumbnail of final_B1_MARNI YULIA SARI 81545-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARNI YULIA SARI 81545-08.pdf
Download (189kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 12 Maret 2008 diperoleh informasi bahwa hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 15 Koto Lalang Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang kurang memuaskan. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga anak tidak termotivasi dalam belajar. Melihat dari kondisi yang demikian maka dilakukanlah penelitian terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Karena metode problem solving merupakan metode yang menuntut siswa untuk lebih kreatif dalam menganalisa dari sebuah masalah. Penelitian bertujuan untuk merancang, melaksanakan, dan penilaian pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian meliputi (1) studi pendahuluan, (2) penyusunan perencanaan, (3) kegiatan pelaksanaan yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa data verbal dan data non verbal. Data verbal ialah seluruh data non verbal berupa foto dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving ini dilaksanakan dengan 5 langkah yaitu: 1) Adanya masalah yang dipecahkan 2) mencari data yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah 3) menetapkan jawaban sementara 4) menguji jawaban sementara 4) menarik kesimpulan. Dari hasil Penelitian terlihat dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN15 Koto Lalang Kec. Lubuk Kilangan Padang. Hasil pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 6,8% dan pada siklus II hasil Pembelajaran dengan nilai rata-rata 8,7%. Pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving bertujuan untuk mencapai suatu hasil yang dapat diwujudkan dengan hasil pembelajaran semakin bermutunya kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan suatu masalah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PROBLEM SOLVING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 08:49 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26557 |