Yuwana, Sandhy (2010) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Handphone Bekas Merek Nokia di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SANDY_YUWANA_61142_1152_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SANDY_YUWANA_61142_1152_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SANDY_YUWANA_61142_1152_2011.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh harga
Handphone bekas Nokia terhadap permintaan Handphone bekas Nokia, (2)
Pengaruh harga Subsitusi Handphone bekas Samsung terhadap permintaan
Handphone bekas Nokia, (3) Pengaruh pendapatan terhadap permintaan
Handphone bekas Nokia, (4) Pengaruh jumlah tanggungan terhadap permintaan
Handphone bekas Nokia, (5) Pengaruh pendapatan, jumlah tanggungan, harga, dan
harga subsitusi secara bersama-sama terhadap permintaan Handphone bekas di
Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu mempelajari data lapangan
yang di duga mempengaruhi dan sekaligus sebagai karakteristik permintaan
konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang
berdomosili di Kota Padang. Selanjutnya dilakukan penarikan sampel dengan
menggunakan aksidental sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100
(seratus) orang responden. Jenis data adalah sekunder dan primer, teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data dari
BPS dan dari responden penelitian yang dikumpulkan melalui angket/kuisioner.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yang
terdiri atas Regresi Berganda (Multi Regression), Uji t, Uji F dengan α = 0,05.
Hasil penelitian ini secara parsial : (1) Harga Handphone bekas merek
Nokia berpengaruh signifikan terhadap permintaannya (sig = 0,016 < α 0,05)
dengan tingkat pengaruh sebesar 0,362. (2) Harga Handphone bekas merek
Samsung berpengaruh signifikan terhadap permintaan Handphone bekas merek
Nokia (sig = 0,016 < 0,05) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,357. (3) Pendapatan
tidak berpengaruh terhadap permintaan Handphone bekas merek Nokia (sig =
0,237 > α 0,05) dengan tingkat pengaruh sebesar 3,586. (4) Jumlah tanggungan
tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan Handphone bekas merek Nokia
(sig = 0,923 < α 0,05) dengan tingkat pengaruh sebesar -0,037. (5) Secara
bersama-sama harga Handphone bekas merek Nokia, harga Handphone bekas
merek Samsung, pendapatan, dan jumlah tanggungan berpengaruh signifikan
terhadap permintaan Handphone bekas merek Nokia di Kota Padang dengan nilai
Uji F = 3,511 > F tab = 2,465 dengan sumbangan variabel X1, X2, X3 dan X4 secara
bersama-sama terhadap Y sebesar 12,9%.
Disarankan agar distributor memperhatikan kualitas dari Handphone
bekas merek Nokia. Distributor harus menjaga kepercayaan dari konsumen,
dengan pendapatan yang dimiliki konsumen harus mempertimbangkan keinginan
untuk membeli Handphone bekas merek Nokia dan masyarakat yang memliki
jumlah tanggungan yang banyak harus kembali memperhitungkan kemampuan
untuk membeli Handphone bekas merek Nokia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26527 |