Analisis Faktor Yang Membentuk Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP N 20 Padang.

Yurita, Mega (2011) Analisis Faktor Yang Membentuk Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP N 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MEGA_YURITA_08082_1297-2011.pdf] Text
final_B1_MEGA_YURITA_08082_1297-2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fakor-faktor yang
mempengaruhi kreativitas siswa dalam proses pembelajaran baik pada faktor
pendukung maupun penghambat terhadap siswa SMP N 20 Padang pada mata
pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII.
Jenis penelitian ini adalah eksploratif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP N 20 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011
337 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis factor (factor analysis)
dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service
Solution) versi 15.
Hasil penelitian menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
kreativitas siswadalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS Ekonomi
kelas VIII SMP N 20 Padang membentuk 11 faktor yaitu: (1) faktor pola asuh
orang tua yang mempunyai pengaruh paling besar, dengan varian 17,901%,
(2) faktor psikologis dan hafalan mekanis sebesar 9,222%, (3) faktor
ketahanan diri dan lingkungan sebesar 8,415%, (4) faktor fisiologis dan sikap
guru sebesar 6,768%, (5) faktor biologis dan sikap guru sebesar 6,427%, (6)
faktor seni dalam lingkungan sebesar 5,840%, (7) faktor perhatian orang tua
sebesar 4,839%, (8) faktor pencahayaan dan aroma sebesar 4,400% dan (9)
faktor peran oarng tua sebesar 4,102%, (10) faktor cita rasa sebesar 3,573%,
(11) faktor mental siswa sebesar 3,504%.
Untuk membentuk kreativitas siswa disarankan kepada pihak sekolah
khususnya kepada para guru agar dapat membimbing dan mengarahkan siswa
kepada bakat yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat siswa agar siswa
tidak salah pilih dalam menentukan bakat yang cocok dengan dirinya. Selain
itu, siswa sebaiknya lebih mempunyai keinginan yang positif terhadap
kreativitas yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:52
Last Modified: 08 Oct 2025 03:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26516

Actions (login required)

View Item
View Item