Hariza, Marlina (2011) Meningkatkan Perkembangan Berbahasa Anak Menggunakan Metode Bercerita dengan Kotak Cerita Kain Celemek di TK Ade Irma Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARLINA_HARIZA_07816_2423_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MARLINA_HARIZA_07816_2423_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARLINA_HARIZA_07816_2423_2011.pdf
Download (264kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Ade Irma Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan perkembangan berbahasa anak menggunakan metode bercerita dengan kotak cerita kain celemek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Meningkatkan perkembangan berbahasa anak menggunakan metode bercerita dengan kotak cerita kain celemek. 2) Agar anak dapat bicara lancar dengan kalimat sederhana. 3) Memperkaya kosa kata anak. 4) Tujuannya untuk guru agar dapat meningkatkan proses dan hasil belajar anak usia dini. Penelitian ini meneliti anak kelompok B2 TK Ade Irma Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi/pengamatan dan wawancara kegiatan anak selama melakukan kegiatan bercerita dengan kotak cerita kain celemek di TK Ade Irma Kabupaten Padang Pariaman yang dianalisis dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase meningkatkan perkembangan berbahasa anak menggunakan metode bercerita dengan kotak cerita kain celemek dapat dilihat pada kondisi sebelum dilakukan tindakan 10%, pada siklus I 40%, dan setelah siklus II 89,29%. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dari siklus I sampai siklus II dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan perkembangan bahasa khususnya tentang bercerita dengan Kotak Cerita Kain Celemek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Bercerita dengan Kotak Cerita Kain Celemek dapat meningkatkan Perkembangan Berbahasa Anak di TK Ade Irma Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BERBAHASA ANAK, METODE BERCERITA, KOTAK CERITA KAIN CELEMEK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26479 |