Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 8 Tanjung Bonai Aur Kabupaten Sijunjung

Basri, Henny Hamdani (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 8 Tanjung Bonai Aur Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HENNY HAMDANI BASRI_09928_2011.pdf] Text
final_B1_HENNY HAMDANI BASRI_09928_2011.pdf

Download (287kB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal pada Pembelajaran IPA di SDN 8 Tanjung Bonai
Aur Kabupaten Sijunjung, ditemukan hasil belajar siswa rendah. Hal ini
disebabkan karena guru dalam penyampaian materi masih menggunakan
pendekatan konvensional yaitu penggunaan metode ceramah yang menyebabkan
pembelajaran IPA menjadi kurang menarik dan membosankan bagi siswa. Selain
itu aktivitas yang ditunjukkan siswa masih rendah seperti siswa cenderung pasif,
hanya menerima apa yang disampaikan guru tanpa bisa mengeluarkan pendapat,
bertanya, menjawab pertanyaan, serta rendahnya minat siswa dalam belajar
kelompok sehingga berdampak kepada nilai yang diperoleh siswa masih dibawah
Kriteria Ketuntasan Minimun, dimana Kriteria Ketuntasan Minimun yang dipakai
adalah 63. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakan pendekatan Kooperatif
Tipe STAD pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 8 Tanjung Bonai Aur.
Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran agar terjadi
peningkatan hasil belajar IPA Kelas IV SDN 8 Tanjung Bonai Aur.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Claasroom Action
Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian
tindakan kelas ini seluruh siswa Kelas IVA SDN 8 Tanjung Bonai Aur,
Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Data penelitian diperoleh
dengan menggunakan kuis dan lembar pengamatan.
Peningkatah hasil belajar siswa IPA dalam Pembelajaran IPA melalui
Pendekatan Kooperatif Tipe STAD dilaksanakan dengan enam langkah. Hasil
penelitian setiap siklus menunjukkan bahwa model Kooperatif Tipe STAD dalam
pembelajaran IPA di Kelas IV terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Peningkatan tersebut tercermin dalam hal : 1). Peningkatan hasil belajar siswa
aspek kognitif menunjukkan peningkatan siklus I pertemuan I 61,4%, siklus I
pertemuan II 69,4%, siklus II pertemuan I 74,4% dan Siklus II pertemuan II
85,2%. Aspek afektif juga menunjukkan peningkatan siklus I pertemuan I 68,8%,
siklus I Pertemuan II 69,2%, Siklus II pertemuan I 81,7%, dan Siklus II
Pertemuan II 91,08% dan aspek psikomotor siswa mengalami peningkatan siklus I
Pertemuan I 56,4%, Siklus I Pertemuan II 69,6%, Siklus II Pertemuan I 90%, dan
Siklus II Pertemuan II 96,6% . 2). Siswa terlatih dalam menemukan informasi
baru. 3). Fungsi guru berubah menjadi fasilitator dan motifator

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:19
Last Modified: 07 Oct 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26476

Actions (login required)

View Item
View Item