Pengaruh Strategi Bowling Kampus pada Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa untuk Pokok Bahasan Minyak Bumi di Kelas X SMA.

Nilawati, Nilawati (2011) Pengaruh Strategi Bowling Kampus pada Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa untuk Pokok Bahasan Minyak Bumi di Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NILAWATI-67008-2011.pdf] Text
final_B1_NILAWATI-67008-2011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Minyak bumi merupakan salah satu pokok bahasan yang dipelajarisiswa kelas X SMA semester 2. Dalam pembelajaran siswa kurang aktif dankurang memahami konsep-konsep minyak bumi dengan baik. Salah satuupaya yang dapat dilakukan guru adalah pembelajaran kooperatif denganpenerapan strategi bowling kampus. Tujuan Penelitian ini adalah untukmengetahui apakah hasil belajar kimia siswa menggunakan modelpembelajaran kooperatif yang diikuti strategi bowling kampus lebih tinggisecara signifikan dari pada yang tidak diikuti strategi bowling kampus padapokok bahasan minyak bumi di kelas X SMAN 9 Padang. Jenis penelitian iniadalah eksperimen dengan desain penelitian “Randomized Control GroupOnly Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMAN 9 Padang. Sampel penelitian diambil 2 kelas dari populasimenggunakan tekhnik Randomized sampling, kelas X2 sebagai kelaseksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukandengan pemberian tes diakhir penelitian. Dari analisis yang dilakukanmenunjukkan kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyaivarians yang homogen, maka untuk uji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkanuji hipotesis yang dilakukan pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 3,395 danttabel = 1,997 serta dk = 67. Data ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yangberarti bahwa hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajarankooperatif yang diikuti strategi bowling kampus lebih tinggi secara signifikandari yang tidak diikuti strategi bowling kampus pada pokok bahasan minyakbumi di kelas X SMAN 9 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BOWLING KAMPUS, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 09:19
Last Modified: 07 Oct 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26467

Actions (login required)

View Item
View Item