Upaya Meningkatkan Pembelajaran Konsep Sains melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna di TK Nurwarna Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.

Nilawati, Nilawati (2010) Upaya Meningkatkan Pembelajaran Konsep Sains melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna di TK Nurwarna Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NILAWATI_NH_07776_2011.pdf] Text
final_B1_NILAWATI_NH_07776_2011.pdf

Download (137kB)

Abstract

Pengembangan kognitif dapat dilakukan berbagai metode pembelajaransalah satu adalah metode eksperimen. Dalam konsep sains metode eksperimenmerupakan metode yang paling tepat untuk mencapai hasil belajar yaitu anakdapat memahami konsep-konsep sains sederhana. Melalui metode eksperimenanak dapat melihat, mengamati, melakukan, dan menyimpulkan sesuatuberdasarkan pengalamannya. Salah satu upaya yang diperkirakan dapatmeningkatkan pembelajaran sains adalah menggunakan metode eksperimenpencampuran warna. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pembelajarankonsep sains melalui metode eksperimen pencampuran warna.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( clasroom ActionReaserch ) yaitu suatu penelitian yang meningkatkan mutu pembelajaran. Subjekpenelitian adalah murid kelompok B2 di TK Nurwarna Kecamatan Nan SabarisKabupaten Padang Pariaman. Data penelitian diperoleh melalui observasi danwawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasilpenelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan tentangpembelajaran konsep sains pada anak, pada siklus I kemampuan anak dalampembelajaran konsep sains masih rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklusII terjadi peningkatan.Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase pembelajaran konsepsains, pada kategori sangat tinggi sebelum tindakan adalah 16,7 % pada siklus Irata-ratanya 44,4 % sedangkan pada siklus II rata-ratanya 82 %. Hal inimenunjukkan bahwa kemampuan pembelajaran konsep sains anak mengalamipeningkatan dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan tindakan padasiklus II. Maka, dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimenpencampuran warna dapat meningkatkan pembelajaran konsep sains.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KONSEP SAINS, PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:39
Last Modified: 07 Oct 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26454

Actions (login required)

View Item
View Item