Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di kelas IV SD Neg 12 Kampung Durian Kec. Padang Timur Kota Padang.

Sari, Nila (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di kelas IV SD Neg 12 Kampung Durian Kec. Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NILA_SARI_07464_1119_2011.pdf] Text
final_B1_NILA_SARI_07464_1119_2011.pdf

Download (269kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 12 Kampung Durian dan hasilwawancara terhadap siswa dan guru kelas IV SDN 12 Kampung Durian Kota Padang,hasil belajar siswa masih rendah, serta dalam pembelajaran yang dilaksanakan olehguru masih menggunakan metode yang tidak berpariasi. Hal ini mengakibatkan nilaisiswa rendah, yakni pencapaian nilai rata-rata siswa secara klasikal adalah 6,3. Untukitu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanperencanaan hasil belajar. Pembelajaran yang digunakan yakni dengan menggunakanmetode demonstrasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research),penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan siswa yang diambilsebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 12 Kampung DurianKota Padang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi,wawancara, dan catatan lapangan.Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian initerlihat peningkatan hasil belajar siswa pada tes tindakan siklus I pertemuan I ratarata hasil belajar siswa 6,6 dan tes tindakan siklus I pertemuan II rata-rata hasilbelajar siwa 6,9, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II pertemuan I rata-ratanilai siswa yakni 8,4 dan tes akhir tindakan siklus II pertemuan II rata-rata nilai siswa8,5. Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan pembelajaranmenggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada matapelajaran IPA siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:19
Last Modified: 07 Oct 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26445

Actions (login required)

View Item
View Item