Marietmi, Marietmi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat melalui Penerapam Metode Belajar Kooperatif Tipe Students Teams-Achievement Division (STAD) di Kelas V SD N 22 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARIETMI_90289_2192_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MARIETMI_90289_2192_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARIETMI_90289_2192_2011.pdf
Download (425kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga hasil belajar matematika siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode belajar kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas V SDN 22 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan menggunakan empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalah siswa kelas V SD Negeri 22 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang yang terdiri dari 12 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Hasl penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari aspek kognitif meningkat. Siklus I nilai rata-rata siswa 72, berada pada kriteria baik, meningkat menjadi 83 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Untuk ranah afektif nilai rata-rata siswa siklus I 66 dengan kriteria cukup, meningkat menjadi 81 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk ranah psikomotor terjadi peningkatan nilai dari rata-rata 62 pada siklus I dengan kriteria cukup menjadi 81 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode belajar kooperatif tipe Students Teams- Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, TIPE STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26443 |