Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script di Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok

Andriani, Sari (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script di Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SARI_ANDRIANI_77631_2011.pdf] Text
final_B1_SARI_ANDRIANI_77631_2011.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII 4 SMP N 1 Kubung
Kabupaten Solok.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
secara kolaborasi dengan guru bidang studi dan teman sejawat yang bertindak
sebagai obsever dan peneliti sebagai guru mata pelajaran Ekonomi. Objek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok terdiri
dari 17 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian ini
dilakasanakan pada tanggal 20 Januari–20 Februari 2011. Terdiri dari empat
siklus. Siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV masing-masing satu kali
pertemuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi
untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I, siklus II, siklus III
dan siklus IV selama menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Data
yang diperoleh diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar
siswa yang sangat tinggi. Persentase aktivitas positif siswa pada siklus I, aktivitas
belajar siswa adalah 51,14%, meningkat pada siklus II sebesar 60,05%, meningkat
pada siklus III sebesar 69,14% dan meningkat menjadi 82,16% serta untuk
aktivitas yang negatif juga menurun dari 57,96% pada siklus I, menurun pada
siklus II sebesar 48,53%, menurun pada siklus III sebesar 40,24% dan menjadi
34,38% pada siklus IV. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan penelitian dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative script.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil
belajar IPS Ekonomi siswa dapat meningkat dengan menggunakan model
pembelajaran Cooperative Scrip. Dan disarankan kepada guru untuk dapat
menggunakan model pembelajaran Cooperative Scrip sebagai salah satu cara
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:16
Last Modified: 07 Oct 2025 07:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26431

Actions (login required)

View Item
View Item