Mariati, Mariati (2011) Penggunaan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARIATI_09520_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MARIATI_09520_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARIATI_09520_2011.pdf
Download (245kB)
Abstract
Penelitian ini diawali dari kenyataan di sekolah bahwa dalam pembelajaran IPA siswa hanya menerima penjelasan dari guru sehingga pembelajaran IPA jadi membosankan bagi siswa karena pembelajaran masih berpusat pada guru, agar terjadi pembaharuan dalam proses pembelajaran di SD Negeri 15 Ulu Gadut ini maka dilaksanakanlah pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA yang meliputi(1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa dan Guru kelas V SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, dan evaluasi (tes). Hasil penelitian siklus I pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memperoleh skor 79% kategori cukup, pada siklus II Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memperoleh Skor 89% kategori baik.Hasil penelitian siklus I tes awal skor 66 kategori kurang dan pada tes akhir siklus I asfek kognitif skor 75,6 kategori cukup dengan persentase 63,8% kategori belum tuntas sedangkan tes akhir siklus II asfek kognitif siswa meningkat menjadi 84,7 kategori tuntas dengan persentase 88,8%, Asfek afektif siklus I skor 72% kategori cukup, dan siklus II skor 84% kategori baik, Asfek psikomotor siklus I skor 75% kategori cukup dan siklus II skor 86 % kategori baik. Berdasarkan hasil dan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar, disarankan kepada guru kelas V SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh dalam pembelajaran IPA sebaiknya menggunakan pendekatan inkuiri
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN INKUIRI, HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26422 |