Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kecamatan Sei Aur Kabupaten Pasaman Barat

Wahyuni, Sisri (2014) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kecamatan Sei Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISRI_WAHYUNI_98506_901_2014.pdf] Text
final_B1_SISRI_WAHYUNI_98506_901_2014.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layananterhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Sei Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian Ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Sei Aur, berjumlah sebanyak 5.278wajib pajak dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang, dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa angket. Uji coba angket penelitian dilakukan untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial, yaitu: uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis dengan Analisis Regresi Berganda dengan α = 0,05. Hasil penelitianmenunjukkan(1) terdapat pengaruh signifikan kualitas layanan secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak, terlihat dari sig 0,000 < α 0,05 atau F hitung = 47,665 > F =2,33; (2) Pengaruh signifikan kualitas tangible terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, terlihat dari sig 0,007 < α 0,05 atau t hitung = 2,746 > t tabel tabel =1,989; (3) Pengaruh signifikan kualitas reliability terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, terlihat dari sig 0,003 < α 0,05 atau t hitung = 3,012> t =1,989; (4) Pengaruh signifikan kualitas responsiveness terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.terlihat dari sig 0,009 < α 0,05 atau t hitung tabel = 2,660 > t =1,989; (5) Pengaruh signifikan kualitas assurance terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. terlihat dari sig sebesar0,042 < α 0,05 atau t hitung tabel = 2,064 > t =1,989; dan (6) Pengaruh signifikan kualitas empathy terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. terlihat dari sig 0,039 < α 0,05 atau t hitung = 2,096 > t tabel tabel =1,989. Berdasarkan hasil penelitian ini maka SAMSAT Pasaman Barat hendaknya menciptakan kebijakan terbaru dalam bidang perpajakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepatuhan wajib pajak, kendaraan bermotor, analisis regresi berganda, pelayanan publik, Pasaman Barat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 09:06
Last Modified: 06 Oct 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item
View Item