Perbedaan Sikap dan Hasil Belajar Antara Mahasiswa PMDK dan SNMPTN dalam Matakuliah Akuntansi Keuangan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP

Mardianto, Mardianto (2011) Perbedaan Sikap dan Hasil Belajar Antara Mahasiswa PMDK dan SNMPTN dalam Matakuliah Akuntansi Keuangan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARDIANTO_73693_5319_2011.pdf] Text
final_B1_MARDIANTO_73693_5319_2011.pdf

Download (746kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah sikap dan prestasi belajar mahasiswa PMDK berbeda dengan sikap belajar mahasiswa SNMPTN dalam matakuliah Akuntansi Keuangan pada program studi pendidikan ekonomi FE UNP. Hipotesis yang dikemukakan, sikap dan hasil belajar mahasiswa SNMPTN berbeda dengan sikap dan hasil belajar mahasiswa PMDK dalam matakuliah Akuntansi Keuangan pada program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui Perbedaan Sikap Dan Hasil Belajar Antara Mahasiswa PMDK Dan SNMPTN Dalam Matakuliah Akuntansi Keuangan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif komparatif dengan metode penelitian ex post facto. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi BP 2007, 2008 dan 2009 FE UNP yang berasal dari jalur PMDK dan SNMPTN yang telah mengambil matakuliah Akuntansi Keuangan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 orang, mahasiswa BP 2007 sebanyak 31 orang, BP 2008 10 orang dan BP 2009 sebanyak 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 April sampai 30 April 2011. Data yang dikumpulkan dengan dua teknik: 1) angket dan 2) LHS dari BAAK. Data yang diperoleh diolah dengan teknik statistik. Hasil penelitian menggunakan pengujian hipotesis dengan teknik anova dengan kriteria alpha > 0.05 maka Ho diterima, Ha ditolak sedangkan alpha < 0.05 maka Ho ditolak, Ha diterima. Dari pengujian yang dilakukan pada mahasiswa PMDK diperoleh signifikan 0.034 < 0.05, sedangkan pada mahasiswa SNMPTN diperoleh signifikan 0.036 < 0.05 artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap dan hasil belajar mahasiswa PMDK dan SNMPTN dalam matakuliah Akuntansi Keuangan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNP. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis menyarankan untuk mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang berasal dari jalur PMDK agar lebih giat memacu dan meningkatkan prestasi belajarnya dalam matakuliah akuntansi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SIKAP DAN HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 01:43
Last Modified: 06 Oct 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26292

Actions (login required)

View Item
View Item