Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas di SMA Negeri 7 Padang

Reski, Mardi (2010) Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARDI_RESKI_65137_2010.pdf] Text
final_B1_MARDI_RESKI_65137_2010.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan : (1) Pengaruh Budaya Kerja Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Di SMA Negeri 7 Padang, (2) Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Di SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi yang mengajar di SMA Negeri 7 Padang sebanyak 90 orang dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang dengan teknik pengambilan sampel secara proporsional stratified random sampling. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan distribusi frekuensi dan analisis jalur (Path Analisys). Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara budaya kerja guru terhadap motivasi kerja guru di SMA Negeri 7 Padang dengan sig 0,000 < α=0,05, (2) Terdapat pengaruh antara budaya kerja dan motivasi kerja guru terhadap kemampuan guru dalam mengelola kelas di SMA Negeri 7 Padang dengan sig 0,000 < α=0,05. Pengaruh budaya kerja guru terhadap kemampuan guru dalam mengelola kelas secara langsung sebesar 11,70%. Pengaruh tidak langsung budaya kerja guru terhadap kemampuan guru dalam mengelola kelas melalui motivasi kerja sebesar 3,04%. Pengaruh motivasi kerja guru secara langsung sebesar 8,29%. Pengaruh variabel lain terhadap kemampuan guru dalam mengelola kelas sebesar 63,37%. Rata-rata skor variabel budaya kerja guru adalah sebesar 4,19 dengan tingkat pencapaian 84%. Rata-rata skor variabel motivasi kerja guru sebesar 4,19 dengan tingkat pencapaian 84%. Rata-rata skor variabel kemampuan guru dalam mengelola kelas sebesar 3.96 dengan tingkat pencapaian 79%. Jadi variabel budaya kerja dan motivasi kerja guru Tingkat Capaian Responden termasuk kategori tinggi sedangkan kemampuan guru mengelola kelas Tingkat Capaian Responden termasuk kategori cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUDAYA KERJA, MOTIVASI KERJA GURU
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 09:59
Last Modified: 03 Oct 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26259

Actions (login required)

View Item
View Item