Marsela, Nike (2011) Penerapan Pendekatan Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 X Koto Singkarak Tahun pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NIKE MARSELA-77431-2011.pdf [thumbnail of final_B1_NIKE MARSELA-77431-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NIKE MARSELA-77431-2011.pdf
Download (278kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan di SMAN 1 X Koto Singkarak,hasil belajar matematika siswa masih rendah, terbukti dari banyaknya siswa yangbelum tuntas dalam pembelajaran. Selain itu selama proses pembelajaran siswakurang dibiasakan dengan soal-soal pemecahan masalah. Siswa tidak punyakesempatan untuk mengembangkan ide-idenya, berfikir kritis sertamengemukakan gagasannya untuk memecahkan masalah matematika. Untukmengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan “Model Pembelajaran pemecahanmasalah”. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah,(1) Bagaimanakahpemahaman siswa terhadap langkah-langkah pemecahan masalah dalampembelajaran? (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajaranyamenggunakan pemecahan masalah lebih baik dari hasil belajar siswa yangdiajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 1 XKoto Singkarak?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar matematikasiswa yang pembelajaranya menggunakan pemecahan masalah lebih baik darihasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan RandomizedControl Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XSMAN 1 X Koto Singkarak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas ܺସSMAN 1 X Koto Singkarak dengan jumlah 39 orang siswa sebagai kelaseksperimen dan siswa kelas ܺ SMAN 1 X Koto Singkarak dengan jumlah 38orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah teshasil belajar.Pemahaman siswa terhadap langkah-langkah pemecahan masalah mengalamipeningkatan pada tiap pertemuan, ini dapat dilihat rata-rta nilai LKS pada langkahlangkah pemecahan masalah. Analisis data hasil belajar kelas eksperimen adalah71,85 dan kelas kontrol 59,42. Dari analisis data diperoleh nilai P = 0.003. Untuk α= 0,05 maka nilai P < α, berarti hipotesis penelitian diterima, sehingga dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 X KotoSingkarak yang pembelajarannya menerapkan pemecahan masalah lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 X Koto Singkarak yangbelajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 09:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 09:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26233 |