Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar dengan Permainan Kartu pada Siswa Kelas I SD Negeri 14 Pakan Sinayan Kota Payakumbuh

Saswita, Saswita (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar dengan Permainan Kartu pada Siswa Kelas I SD Negeri 14 Pakan Sinayan Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SASWITA_52148_2011.pdf] Text
final_B1_SASWITA_52148_2011.pdf

Download (466kB)

Abstract

Kemampuan membaca lancar siswa kelas I SD Negeri 14 Pakan Sinayan
Kota Payakumbuh masih rendah. Selama ini dalam pembelajaran guru kurang
menggunakan strategi yang tepat, siswa kurang termotivasi dan kurang
bersemangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
mengembangkan pelaksanaan membaca lancar dengan permainan kartu yang
meliputi : perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap
prabaca, saat baca dan pasca baca.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif,
dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Adapun rancangan
penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kegiatan
penelitian meliputi (1) kegiatan pra penelitian yang terdiri dari studi pendahuluan
serta penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari
tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi, dan (3)
kegiatan pasca penelitian, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan
secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian adalah guru dan
siswa kelas I SD Negeri 14 Pakan Sinayan Kota Payakumbuh yang berjumlah 36
orang.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan meningkat. Proses belajar di
kelas mengalami peningkatan, siswa termotifasi untuk mengikuti kegiatan
membaca sehingga kegiatan tersebut dapat diikuti dengan sungguh-sungguh dan
hasil belajar membaca mengalami peningkatan. Dilihat dari hasil penelitian
siklus I meningkat di siklus II. Pada tahap prabaca di siklus I 68,9% dan pada
siklus II 91,65%. Pada tahap saatbaca di siklus I 65% dan di siklus II 78,61%.
Pada tahap pasca baca di siklus I 65,37% dan di siklus II 83,19%. Hasil yang
cukup menggembirakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:17
Last Modified: 03 Oct 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26228

Actions (login required)

View Item
View Item