Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Eksperimen bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang.

Husna, Nidaul (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Eksperimen bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NIDAUL_HUSNA_90769_3170_2011.pdf] Text
final_B1_NIDAUL_HUSNA_90769_3170_2011.pdf

Download (277kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 21 Bandar Buat, guru kelasIV kurang menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran IPA,guru dalam mengajarkan IPA masih bersifat konvensional, sehingga siswakurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarikmemperbaiki proses pembelajaran IPA khususnya pada materi energi panasmelalui penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen. Metodeeksperimen adalah cara penyajian pembelajaran dimana siswa melakukanpercobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yangdipelajarinya. Langkah-langkah metode eksperimen, yaitu : (1) langkahpersiapan, (2) langkah pelaksanaan (3) tindak lanjut. Tujuan dari penelitiantindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanan, bentukpelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen padapembelajaran energi panas.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yangdigunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari duasiklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,refleksi.Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakanyang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjekpeneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 16orang.Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I mencapai keberhasilancukup dan pada siklus II meningkat mencapai keberhasilan sangat baik.Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai keberhasilan cukup danpada siklus II mencapai keberhasilan sangat baik. Hasil penelitian kognitifsiklus I pada tes akhir rata-rata siswa mencapai 68,5, sedangkan tes akhirsiklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83. Siswa yang pada awalnyabekerja sendiri telah mampu bekerjasama dengan teman kelompoknya,keaktifan siswa sudah tampak dan pada awalnya siswa bermain dalam belajarmenjadi serius. Selain itu siswa yang pada awalnya kurang bisa melakukanpercobaan dan membuat laporan telah tepat melaksanakan langkah-langkaheksperimen, terampil menggunakan alat, dan terampil membuat laporan.Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalamproses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanmetode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPA, METODE EKSPERIMEN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:09
Last Modified: 03 Oct 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item
View Item