Upaya Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Binatang Darat di TK Kartika 1-63 Air Tawar Padang.

Oktaria, Nicky (2011) Upaya Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Binatang Darat di TK Kartika 1-63 Air Tawar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NICKY_OKTARIA_07833_2349_2011.pdf] Text
final_B1_NICKY_OKTARIA_07833_2349_2011.pdf

Download (332kB)

Abstract

Kemampuan anak dalam pengembangan sosial emosional masih rendah, tujuanpenelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sosial danemosional anak dalam permainan puzzle binatang darat. Sebagai pelaksana penelitian iniadalah Nicky Oktaria dan Desi Arisanti sebagai observer, dengan subjek penelitianadalah anak-anak kelompok B2 TK Kartika 1-63 Air Tawar Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach)yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan praktek pembelajaran yangdilaksanakan. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan wawancara.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian setiap siklustelah menunjukkan adanya peningkatan dalam mengembangkan sosial emosional anakdalam permainan puzzle binatang darat dari siklus I yang pada umumnya masih rendah,setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan.Pada hasil tindakan yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa terjadinyapeningkatan pengembangan sosial emosional anak melalui permainan puzzle binatangdarat sebelum tindakan rata-rata 14% anak yang mampu, setelah tindakan mengalamikenaikan menjadi 29% pada siklus II dengan kenaikan mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SOSIAL EMOSIONAL, ANAK USIA DINI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:06
Last Modified: 03 Oct 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26191

Actions (login required)

View Item
View Item