Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penggunaan Sumber Belajar Bervariasi Di Kelas X2 SMA Baiturrahmah Padang.

Syafriani, Syafriani (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Penggunaan Sumber Belajar Bervariasi Di Kelas X2 SMA Baiturrahmah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAFRIANI_77629_2116_2011.pdf] Text
final_B1_SYAFRIANI_77629_2116_2011.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan penggunaan sumber belajar bervariasi pada kelas X2 di SMA baiturrahmah padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X2 yang berjumlah sebanyak 30 orang dan terdiri dari 11 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk melihat perubahan Aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II dan melalui pemberian tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase Aktivitas belajar siswa yang cukup baik. Persentase rata-rata Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 54,76% kategori sedang dan pada siklus II sebesar 75% kategori baik .Peningkatan Aktivitas siswa dari kedua siklus yaitu sebesar 20,24%. Peningkatan Aktivitas belajar siswa ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar berupa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,6% atau 23 orang siswa dengan rata-rata 72,1 dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% atau 25 orang dengan rata-rata 75,77. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan penggunaan sumber belajar bervariasi dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X2 SMA Baiturrahmah Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diajukan adalah penggunaan sumber belajar bervariasi perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan hasil belajar dan Aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 03 Oct 2025 02:09
Last Modified: 03 Oct 2025 02:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26181

Actions (login required)

View Item
View Item