Yulianti, Nia (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Teknik Scramble pada Siswa Kelas IV SDN 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NIA_YULIANTI_07573_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NIA_YULIANTI_07573_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NIA_YULIANTI_07573_2011.pdf
Download (294kB)
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah, penyebabnyaadalah guru belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membacapemahaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatankemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik scramble padasiswa kelas IV SDN 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuanmembaca pemahaman dengan menggunakan teknik scramble pada tahap prabaca,saatbaca, dan pascabaca pada siswa kelas IV SD.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Perencanaan penelitian disusun meliputi: 1) LokasiPenelitian, 2) Subjek Penelitian, 3) Waktu, 4) Alur Penelitian, 5) StudiPendahuluan/Refleksi Awal, 6) Perencanaan, 7) Tahap pelaksanaan, 8) Tahappengamatan, dan 9) Tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang yang berjumlah 36 orang.20 laki-laki dan 16 perempuan, proses pembelajaran dilakukan oleh peneliti danguru kelas sebagai observer. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknikobservasi dan pencatatan lapangan serta hasil penilaian belajar siswa.Hasil yang dicapai pada siklus I berdasarkan hasil observasi dari aspek guru67,5%, dan aspek siswa yaitu 62.5%. Sedangkan Hasil yang dicapai pada siklus IIberdasarkan hasil observasi dari aspek guru 87.5%, dan aspek siswa yaitu 85%.Hasil penilaian dari 36 orang siswa pada siklus I masih dikategorikan belumberhasil, karena hasil belajar siklus I yaitu 70.4% dan pada siklus II dilakukanperbaikan, hasil yang dicapai lebih baik yaitu 82% dengan kategori sangat baik.Dengan demikian telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahamandengan Menggunakan Teknik Scramble.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA, TEKNIK SCRAMBLE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 01:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 01:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26169 |