Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas IV SD Negeri 50 Kuranji Kota Padang.

Kania, Nia (2011) Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas IV SD Negeri 50 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NIA_KANIA_09949_2011.pdf] Text
final_B1_NIA_KANIA_09949_2011.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari kenyataan di sekolah bahwa dalampembelajaran IPS siswa hanya menerima penjelasan dari guru sehinggapembelajaran IPS jadi membosankan bagi siswa, karena pembelajaran masihberpusat pada guru, agar terjadi pembaharuan dalam proses pembelajaran di SDNegeri 50 Kuranji ini maka dilaksanakanlah pembelajaran IPS denganmenggunakan metode Problem Solving untuk meningkatkan pembelajaran IPS.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pembelajaran IPS denganmenggunakan metode Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar IPSyang meliputi (1) Rancangan pembelajaran, (2) Pelaksanaan yang terdiri darikegiatan awal, inti, dan kegiatan akhir, dan (3) Hasil belajar.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dankuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancanganpenelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan(4) Refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) Kegiatan refleksi awal yang terdiridari studi pendahuluan, serta penyusunan rancangan, (2) Kegiatan pelaksanaanpenelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dantahap refleksi, (3) Kegiatan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupainformasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasilobservasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 32 orang. Setelah dataterkumpul data disesuaikan dengan teknik kualitatif.Berdasarkan hasil penelitan secara keseluruhan diperoleh hasil aktifitassiswa dari siklus I sebesar 72% dan aktifitas belajar siswa pada siklus II yaitu81%, artinya aktifitas siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Danhasil belajar siswa meningkat, itu dapat dilihat dari jumlah siswa yang telahmencapai KKM pada siklus I yaitu 19 orang (59,4 %) dan yang belum mencapaiKKM 13 orang (40,6 %) dari 32 orang siswa serta pada siklus II sebanyak 26orang (81,3 %) yang telah mencapai KKM dan 6 orang (18,8%) yang belummencapai KKM. Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran IPSdengan menggunakan metode problem solving telah mencapai kriteria ketuntasanminimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 69 dan tuntas.Berdasarkan hasil dan temuan peneliti, disarankan kepada guru-guru kelasIV SD Negeri 50 Kuranji dalam pembelajaran Kenampakan Alam menggunakanmetode Problem Solving, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPS, METODE PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:58
Last Modified: 02 Oct 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26153

Actions (login required)

View Item
View Item